oleh

KACANG INI SELAIN ENAK, JUGA BANYAK MANFAAT. SIMAK YUK!

asaltahuaja.com – Jakarta. Sobat tahu, sudah tahu belum? Kacang mete adalah kacang yang sering dijadikan camilan, hingga topping kue. Kendati hanya sebagai makanan ringan, siapa sangka ternyata kacang mete memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Lantas, apa saja manfaat kacang mete bagi kesehatan? Simak informasinya berikut ini.

Apa Itu Kacang Mete?

Alih-alih jenis kacang, kacang mete sebenarnya adalah biji dari buah jambu mete atau yang biasa kita kenal sebagai jambu monyet. ‘Kacang’ mete ini terletak di bagian bawah dari buah jambu monyet tersebut. Bentuknya runcing dan melengkung.

banner 400x130

Saat sudah matang, biji mete ini dipisahkan dari buahnya untuk selanjutnya dikeringkan. Setelah itu, barulah digoreng atau dipanggang guna dijadikan camilan, pun campuran sejumlah makanan seperti cokelat, kue, hingga sambal.

Manfaat Kacang Mete bagi Kesehatan

Kacang mete adalah kacang dengan kandungan serat yang kecil. Selain itu, kacang mete mengandung beragam zat dan vitamin lainnya yang memiliki khasiat dalam memelihara kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat kacang mete bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Menambah Kepadatan Tulang

Jika Anda hendak mencari makanan yang mengandung zat tembaga, kacang mete adalah salah satunya. Bahkan, kandungan zat tembaga dalam kacang mete tergolong tinggi, yakni 622 mikrogram per 100 ons. Sebagai informasi, angka kebutuhan zat tembaga harian yang disarankan adalah 900 mikrogram. Artinya apa? Mengonsumsi satu ons kacang mete saja mampu memenuhi lebih dari setengah kebutuhan zat tembaga harian Anda.

Zat tembaga berfungsi untuk memperbaiki kolagen dan jaringan ikat yang mengalami kerusakan. Dengan begitu, Anda terlindungi dari yang namanya disfungsi sendi. Selain itu, asupan zat tembaga yang cukup juga dipercaya mampu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Kacang mete juga diperkaya magnesium yang memiliki peran penting dalam pembentukan tulang. Magnesium bertugas menyerap kalsium ke dalam tulang sehingga tulang menjadi kuat.

2. Melindungi Fungsi Mata

Berbicara mengenai makanan yang baik untuk mata, wortel mungkin jadi hal pertama yang terlintas di pikiran. Memang tak salah, sih. Tapi tahukah Anda bahwa kacang mete juga memiliki manfaat yang sama untuk mata? Manfaat kacang mete untuk mata ini karena adanya kandungan senyawa seperti zeaxanthin dan lutein. Keduanya efektif untuk melindungi mata dari risiko gangguan mata, termasuk katarak.

3. Menurunkan Berat Badan

Kabar baik untuk Anda yang kini tengah menjalani program diet. Ada lagi satu jenis makanan yang dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Ya, apalagi kalau bukan kacang mete. Studi yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition pada 2004 silam mengungkapkan bahwasanya mengonsumsi kacang-kacangan, tak terkecuali kacang mete, efektif menjaga kestabilan berat badan.

Hal ini diperkuat oleh studi pada tahun 2017 yang mengatakan kalau kandungan lemak tak jenuh tunggal di dalam kacang mete mampu mencegah penumpukkan lemak. Selain itu, kandungan proteinnya menimbulkan efek kenyang yang lebih lama.

4. Mengoptimalkan Fungsi Darah

Kacang mete mengandung zat besi dan zat tembaga (copper). Ini menjadikan kacang mete bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi darah. Selain itu, khasiat kacang mete yang satu ini juga akan meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh dan saraf.

5. Merawat Kesehatan Jantung

Siapa sangka, manfaat kacang mete yang secara ukuran kecil ini bisa jadi sangat besar karena mampu merawat kesehatan jantung! Ya, kacang mete mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Dua zat tersebut dinilai efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida darah.

Kadar LDL dan trigliserida yang rendah mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler semacam stroke dan jantung. Tak hanya itu, kandungan vitamin E, vitamin B6, kalium, dan asam folat juga disebut-sebut bermanfaat untuk melawan penyakit jantung.

Dari hasil studi yang dipublikasikan oleh British Journal of Nutrition, didapat fakta bahwa orang yang mengonsumsi kacang mete dan kacang-kacang lainnya sebanyak 4 kali atau lebih dalam seminggu, risiko terkena penyakit jantung koroner turun 37 persen. Bagaimana, khasiat kacang mete yang satu ini tak disangka-sangka, bukan?

6. Sumber Energi

Ternyata, kandungan karbohidrat dan zat besi pada kacang mete lebih tinggi dibandingkan dengan kacang lainnya. Ini membuat kacang mete menjadi salah satu sumber energi yang patut Anda konsumsi agar stamina tubuh selalu terjaga.

Selain zat besi dan karbohidrat, kacang mete juga mengandung protein dan zinc yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh.

7. Mencegah Masalah Kantong Empedu

Kantong empedu yang bermasalah perlu diangkut melalui prosedur operasi kolesistektomi. Seseorang, terutama wanita, yang setidaknya mengonsumsi 5 ons kacang mete setiap minggu diketahui memiliki risiko menjalani operasi kolsesitektomi yang lebih kecil ketimbang mereka yang tidak, demikian menurut hasil penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition.

8. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit kronis yang bisa mengancam jiwa. Guna mencegah diri Anda terkena kanker, banyak cara yang bisa dilakukan. Mengonsumsi kacang mete adalah salah satunya. Manfaat kacang mete untuk mengurangi risiko kanker dikarenakan kacang ini mengandung selenium dan flavanol yang memang baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

9. Membuat Rambut Tampak Lebih Berkilau

Penelitian yang dapat mendukung hal ini mungkin belum banyak. Khasiat kacang mete untuk membuat rambut berkilau lebih didasari fakta bahwa kacang ini mengandung asam linoleat dan oleat yang bisa membuat tekstur rambut jadi halus dan berkilau.

Sementara kandungan zat tembaga yang dimiliki kacang mete diklaim dapat membantu pembentukan pigmen rambut dan kulit yang disebut melanin.

10. Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat kacang mete untuk meningkatkan kecerdasan otak didapat dari kandungan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang mana keduanya dibutuhkan untuk memproduksi sel otak. Selain itu, kacang mete juga menyebabkan aliran oksigen ke otak berjalan lancar. Anda yang ingin meningkatkan kecerdasan otak si buah hati bisa menjadikan kacang mete ini menjadi salah satu plihan.

Kandungan Kacang Mete

Manfaat kacang mete yang begitu besar bagi kesehatan tubuh tidak lepas dari kandungan zat bergizi di dalamnya seperti yang sudah disebutkan. Berikut ini rangkuman kandungan kacang mete.

  • Tembaga
  • Magnesium
  • Zeaxanthin dan lutein
  • Protein
  • Lemak tak jenuh tunggal dan ganda
  • Zat besi
  • Vitamin E
  • Vitamin B6
  • Kalium
  • Asam folat
  • Karbohidrat
  • Zinc
  • Selenium
  • Flavanol
  • Asam linoleat dan oleat

Semoga bermanfaat.

 

Editor    : Muhammad Nuh

Sumber : doktersehat.com

banner 400x130

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed